IMG-LOGO
info publik

KESALAHAN MANASIN MOTOR DI PAGI HARI

Create By 07 March 2018 7 Views
IMG

KESALAHAN MANASIN MOTOR DI PAGI HARI




    Kali ini saya akan membahas kesalahan yang sering dilakukan pemilik motor saat manasin motor di pagi hari.
 
     Manasin motor memang sangat diperlukan untuk merawat mesin motor tersebut, karena ketika motor dingin langsung dipakai maka akan mengakibatkan usia mesin menjadi pendek.
 
     Ternyata saat proses memanasin motor banyak pemilik motor tidak sadar bahwa yang dilakukannya itu salah, lalu apa saja kesalahannya ?
 
·         MEMAKAI  ELECTRIC  STARTER
   
   Sebenarnya fungsi electric starter adalah memudahkan pemilik motor untuk menghidupkan motor atau mesini.
 
     Namun kalau dipagi hari, hal ini sangat tidak dianjurkan dan sudah tertulis juga di pedoman perawatan motor.
 
      Aki tanpa disadari akan mengeluarkan massanya sendiri, dan disaat malam aki akan mengeluarkannya dan tanpa pengisian ualang.
 
     Lalu saat belum diisi, sudah dipakai untuk daya yang kuat maka otomatis jika itu terus dilakukan secara berulang, maka hasilnya akan memperpendek usia pada aki.
 
    Maka dari itu disarankan untuk menggunakan kick starter atau starter manual saat pagi hari, karena biarkan aki mendapatkan pengisian daya terlebih dahulu.
 
       Sebenarnya di sepeda motor ada pengisian aki secara sendiri melalui AC Magneto atau Spool, maka dari itu dianjurkan untuk menggunakan motor setiap hari minimal 2 km agar pengisian sempurna, dan dalam kecepatan antara 40-60 km atau di gas diatas stationer.
 
·         TERLALU  SEBENTAR
    Terlalu sebentar melakukannya juga tidak dianjurkan, fungsi memanasin motor selain untuk mengisi daya awal aki juga melumasi bagian mesin.
 
     Maka dari itu agar lebi maksimal usahakan saat melakukan pemanasan pada motor dengan menarik handle gas di rpm minimal 3000, karena dengan rpm segitu otomatis pengaliran oli akan lebih cepat dan maksimal.
 
    Lakukan paling lama  3 atau 4 menit saja.
 
·         TERLALU LAMA
   
    Kalau tadi terlalu sebentar kali ini terlalu lama, ini sangat tidak dianjurkan kalau motor kamu masih bertipe pendinginan dengan menggunakan sirip bukan kipas apalagi radiator.
 
      Karena dengan terlalu lama kamu memanaskan motor, maka otomatis motor akan mengalami over heat atau panas berlebih, dan ini juga tidak baik.
 
    Karena cara kerja pendinginan sirip adalah menggunakan angin jadi saat motor tidak jalan maka angin juga tidak maksimal sehingga mesin tidak mendapatkan pendinginan yang sesuai dan mengakibatkan over heat.
 
·         TIDAK MENGGUNAKAN COOK
 
   Ini untuk sepeda motor tipe karburator, karena kalau tipe injeksi tidak ada Cook, dan secara otomatis menggunakan sensor suhu untuk membaca suhu sekitar.
 
     Untuk karburator sering kali sepeda motor mati saat di panasin, karena settingan karbu tidak dapat berubah sewaktu-waktu, mungkin saja saat kita mengatur setellan karbu itu disaat suhu panas maka saat di pagi hari yang membutuhkan lebih banyak bensin hal tersebut tidak berfungsi atau kurang.
 
     Maka dari itu dibutuhkan cook (letaknya dibawah handle kiri ), fungsi cook itu sendiri untuk menambah bahan bakar di sepeda motor.
 Jadi 4 faktor tersebut mungkin sering kali kita tidak sadar melakukannya, namun setelah membaca ini diharapkan tidak ada kesalahan dasar saat memanasin sepeda motor kesayangan, karena memang biaya repair dari sepeda motor tidak murah

IMG
IMG
IMG