Angkutan umum berbeda dengan kendaraan pribadi, di mana kamu bisa seenaknya melakukan apapun dengan risiko ditanggung sendiri. Saat naik bus atau kereta api misalnya, ada etika dan cara yang harus kamu perhatikan agar tidak mengganggu penumpang lainnya, bahkan untuk hal sesepele duduk. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan seputar duduk di angkutan umum

 

 

1. Sembarangan Menyandarkan Kursi


Baik pesawat, kereta, maupun bus biasanya dilengkapi dengan kursi penumpang yang sandarannya bisa dimiringkan. Fasilitas ini tentu untuk meningkatkan kenyamanan. Tapi jangan sampai disalahgunakan dengan seenaknya. Jangan langsung mendorong sandaran kursi, lebih baik lagi jika kamu memberitahu atau meminta izin terlebih dahulu pada penumpang di belakangmu.

 

2. Menyandarkan Kepala di Bangku Depan

Tidur di angkutan seperti bus memang terkadang sudah dilakukan. Demi bisa istirahat dengan nyaman, sebagian orang bahkan sampai menyandarkan kepala pada bangku di depannya. Penumpang yang ada di depanmu bisa saja terganggu. Apalagi jika kamu tidurnya sambil mendengkur.

3. Duduk Mengangkang


Yang satu ini biasanya dilakukan oleh para pria. Jika di sampingmu tidak ada penumpang lain, itu sah-sah saja. Beda lagi jika di sampingmu memang ada penumpang, apalagi jika itu lawan jenis. Tindakan ini dianggap sangat mengganggu. Jadi duduklah dengan sopan.

4. Menggangkat kaki ke Atas Kursi


Dalam kereta ekonomi biasanya kursi penumpangnya saling berhadapan. Hal ini dimanfaatkan sebagian orang untuk menyandarkan kaki agar duduk jadi lebih nyaman. Jika di depanmu ada penumpang lain jangan sampai melakukannya ya. Jelas-jelas ini sangat mengganggu dan tidak menghargai ruang pribadi penumpang lain.