Jelajah
IMG-LOGO

Membuat Tanah Subur Untuk Media Tanaman Secara Alami

Create By 27 February 2018 14 Views

Membuat media tanaman yang subur untuk media menanam tanaman dengan polybag atau pot tidaklah terlalu sulit. Dalam dunia tanam-menanam media tanam merupakan salah satu faktor penting yang bisa menjadi faktor penentu sukses tidaknya kegiatan bercocok tanam kita. Karena media tanam ini ibarat makanan bagi makhluk hidup, jika makanan yang bagus dan bergizi maka kesehatan dan pertumbuhan makhluk tersebut akan baik. Sama halnya dengan tumbuhan media tanam yang bagus bisa membuat tumbuhan yang kita tanam menjadi subur dan sehat.

Pada dasarnya setiap tanaman membutuhkan media tanam yang sesuai dengan karakteristik tanaman tersebut. Kebutuhan nutrisi pada tanaman buah dan tanaman untuk sayur atau bunga tidaklah sama. Oleh karena itu kita harus tahu terlebih dahulu tanaman apa yang akan kita tanam dan sesuaikan media tanamnya dengan kebutuhan tanaman tersebut. Oke kali ini kita akan coba untuk membahas tentang pembuatan media tanam, khususnya untuk tanaman dalam polybag atau pot.

Membuat Media Tanan Alami

Membuat media tanam untuk tanaman dalam polybag atau pot sebenarnya cukup mudah peralatan yang kita pakai cukup sederhana dan bahan-bahan yang dipakai sudah tersedia di alam tinggal kita manfaatkan saja.

Media tanam yang baik

Sebelum memulai membuat media tanaman lebih dahulu kita harus mengetahui syarat-syarat media tanam yang baik, karena pada media inilah tanaman kita akan tumbuh dan mendapatkan nutrisi nya. Secara umum berikut syarat media tanam yang baik :

  • Mampu menyediakan unsur-unsur yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh baik Unsur makro maupun unsur mikro.
  • Media tanam menyediakan ruang tumbuh yang baik bagi akar dan tanaman
  • Bisa sebagai media penyangga tanaman agar tidak roboh tentunya disesuaikan dengan jenis tanamannya tanaman buah mempunyai media tanam yang lebih keras dan padat sedangkan tanaman sayur mempunyai banyak rongga untuk tumbuhnya akar
  • Media tanam bersih dari berbagai bibit penyakit dan hama yang menyerang tanaman
  • Media tanam memiliki porositas yang baik. Porositas yaitu media tidak terlalu padat juga tidak terlalu berongga, media bisa menyerap air dan mempertahankan kelembaban (air tidak mengendap di polybag atau pot).

 

Pembuatan media tanam

Bahan-bahan

  • Tanah gembur
  • Sekam bakar atau sabut kelapa
  • Kompos atau humus baca
  • Pupuk kandang (opsional)
  • Wadah

Keterangan :

Tanah gembur merupakan bahan utama pembuatan media tanam yang baik. Tanah gembur ini tidak terlalu banyak mengandung pasir dan tidak terlalu banyak mengandung tanah liat, artinya sedang-sedang saja, tanah gembur mampu menyerap air dengan baik dan mampu menjaga kelembaban tanah. Ambil tanah pada bagian atas (permukaan). Arang sekam atau biasa juga disebut dengan sekam bakar merupakan hasil dari pembakaran sekam padi atau kulit biji padi sisa hasil dari penggilingan.

Sekam bakar bagus untuk campuran pembuatan media tanam karena sekam bakar dapat menetralisir racun yang terdapat pada tanah, meningkatkan porositas tanah, menumbuhkan mikroba yang menguntungkan, menetralisir keasaman tanah dan lain sebagainya. Jika tidak terdapat sekam bakar maka bisa diganti dengan sabut kelapa atau cocopeat.

Kompos humus dan pupuk kandang berguna sebagai penyuplai unsur hara bagi tanaman. Kompos bisa berasal dari zat organik yang sudah membusuk. Unsur hara (kompos / pupuk kandang) yang baik untuk campuran media tanam sebaiknya yang sudah matang, karena jika masih mentah biasanya masih membawa bibit penyakit, tanda mudahnya kompos yang sudah matang tidak menimbulkan bau yang menyengat.

 

Tahap pembuatan

  • Siapkan tanah gembur, kemudian dihaluskan. Tanah kering lebih mudah digunakan karena tidak menggumpal, jika tanah menggumpal bahan-bahan tidak akan tercampur rata.
  • Siapkan sekam bakar, siapkan juga kompos yang sudah matang
  • Lalu campur tanah, kompos, dan sekam bakar dalam wadah yang disediakan. Campuran dengan perbandingan 2:1:1 tanah 2 bagian, kompos 1 bagian dan sekam bakar 1 bagian. Aduk sampai rata dalam wadah
  • Jika media tanam diperuntukkan untuk sayuran berbuah atau tanaman buah jangan lupa campur pupuk kandang. Bisa berupa kotoran ayam atau kotoran kambing yang sudah diendapkan atau sudah matang 1 bagian. Saya lebih memilih kotoran kambing untuk digunakan.
  • Media tanam siap digunakan dan ditempatkan dalam pot atau polybag.
https://www.caramenanam.org/membuat-tanah-subur-media-tanam/
IMG
IMG
IMG