Jelajah
IMG-LOGO

4. Cara Memperbaiki Body Mobil Yang Penyok Sendiri Super Cepat

Create By 27 February 2018 12 Views

 

Mengalami sebuah insiden yang menyebabkan mobil pribadi anda mengalami benturan ringan dapat menyebabkan kondisi mobil anda tidak sebaik sebelumnya seperti mengalami penyok atau lengkungan di bagian pintu, bemper, bodi mobil, dan lainnya.

ads

Banyak hal yang dapat menjadi penyebab bodi mobil anda menjadi penyok seperti terbentur sesuatu, kurang hati-hati ketika parkir, tertimpa benda dari atas dan masih banyak lainnya. Bodi mobil merupakan tampilan yang akan memperlihatkan kesan keindahan dan keeleganan mobil yang anda kendarai. Tentunya dengan kondisi body mobil yang rusak akan membuat mobil anda menjadi tidak menarik lagi dipandang.

Permukaan mobil yang penyok sebenarnya dapat anda atasi dengan membawanya ke bengkel, namun demikian akan membuat anda mengeluarkan biaya yang cukup banyak. Belum lagi jika anda harus antri berjam-jam di bengkel untuk mendapatkan bodi mobil anda menjadi mulus seperti awalnya. Namun tenang saja, anda dapat memperbaiki bodi mobil anda yang penyok itu sendiri di rumah tanpa harus body repair. Nah berikut ini beberapa solusi cara memperbaiki body mobil yang penyok. (baca juga: Cara Mencuci Mobil)

1. Menggunakan Hair Dryer dan Cairan Karbondioksida

Anda dapat memanfaatkan pengering rambut atau hair dryer dan dengan bantuan cairan karbondioksida sebagai salah satu cara memperbaiki bodi mobil yang penyok. Anda dapat membeli karbon dioksida cair di toko-toko kimia terdekat. Berikut langkah-langkah memperbaiki bodi mobil dengan hair dryer:

Pertama-tama siapkan terlebih dahulu pengering rambut dan sebotol cairan karbondioksida cair.

Nyalakan hair dryer kemudian arahkan udara panas ke bodi mobil yang mengalami penyok.

Lakukan hal itu terus menerus hingga dirasa cukup panas. Memanaskan area tersebut akan berbeda dari setiap kondisi parah atau tidak nya penyok mobil anda. Untuk bagian penyok yang besar biasanya membutuhkan setidaknya 3-5 menit.

Setelah itu, segera semprotkan karbon dioksida cair pada bagian yang telah dipanaskan.

Kemudian tekan-tekan kembali sampai kembali lagi ke bentuk asalnya.

Cara ini memanfaatkan perubahan suhu secara tiba-tiba dari panas menjadi dingin, dimana penyok bodi mobil ini akan tertarik akibat hentakan daya dorong yang muncul akibat perubahan suhu yang drastis di dalam waktu yang singkat. Seperti yang anda ketahui, hair dryer mampu meningkatkan suhu secaradrastis dan cairan karbondioksida mampu menurunkan nya secara cepat sekitar -109 derajat celcius.  Dengan perubahan suhu yang drastis dapat mengembalikan bentuk bodi mobil yang tadinya penyok menjadi rata dan kembali ke bentuk asalnya. Namun ingat, cara ini hanya dapat anda gunakan untuk memperbaiki mobil yang penyok dengan ukuran yang kecil bukan dalam skala yang besar dan terdapat bagian yang hancur.

(Baca juga: Mobil Matic Paling Murah)

Selain menggunakan bahan-bahan kimia, anda juga dapat memperbaiki bodi mobil anda yang penyok dengan menggunakan hair dryer tetapi dengan cara yang lebih tradisional. Namun cara ini sebaiknya dilakukan oleh dua orang agar lebih mudah dikerjakan. Satu orang akan bertugas untuk mengarahkan hair dryer ke bagian bodi mobil yang penyok sedangkan satu orang lainnya bertugas untuk mendorong bagian mobil yang penyok tersebut. Caranya pun sangat mudah, cukup arahkan pengering rambut ke bagian bodi mobil yang penyok tersebut. Semakin panas suhu hair dryer maka akan semakin bagus.

Setelah dirasa sudah cukup panas, orang kedua akan mendorong bagian yang penyok tersebut dari sisi bagian dalam ke bagian luar. Lakukan dorongan tersebut dengan kuat dan cepat selama bagian mobil yang penyok tersebut masih dalam keadaan yang panas.

Setelah itu, bodi mobil anda akan kembali lagi ke bentuk semula. Prinsip sederhana dari cara ini adalah pinggiran mobil yang penyok tersebut terbuat dari bahan logam, dimana bahan logam akan mudah dibentuk apabila dalam keadaan yang panas. Dorongan kuat tersebut akan membuat bagian mobil yang penyok akan terdorong kembali ke posisi semula. (baca juga: Penyebab Setir Mobil Bergetar)

Sponsors Link

 

2. Menggunakan Air Panas

Cara memperbaiki bodi mobil yang penyok dengan menggunakan air panas sebenarnya memiliki konsep yang sama dengan cara sebelumnya, namun bedanya hanya bahan untuk melenturkan bodi mobil kali ini tidak menggunakan hair dryer melainkan air panas. Nah berikut ini langkah-langkah memperbaiki bodi mobil dengan menggunakan air panas yang dapat anda simak:

Siapkan terlebih dahulu air panas yang akan anda gunakan untuk memanaskan bodi mobil anda.

Siramkan sedikit demi sedikit air panas tersebut ke bagian bodi mobil anda yang mengalami penyok. Anda dapat menggunakan teko atau ceret air sebagai wadah air panas tersebut.

Gunakan kain untuk memberikan tekanan ke bagian mobil yang mengalami penyok hingga kembali ke bentuk yang sebelumnya.

Perlu anda perhatikan adalah jangan terlalu keras untuk memberikan tekanan ke bagian mobil anda tersebut, yang ada malah akan terlalu terlewat sehingga membuat bentuk mobil anda berubah atau bahkan bodi dapat pecah.

Ulangi langkah-langkah diatas hingga beberapa kali sampai mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara memperbaiki bodi mobil yang penyok dengan menggunakan air panas ini memang sudah cukup dikenal oleh kalangan umum, bahkan sudah banyak yang membuktikan cara ini. Hal ini pun dapat anda lakukan walau bagian bumper mobil anda memiliki sensor parkir belakang. Namun ingat, cara ini hanya dapat anda lakukan untuk jenis bumper yang berbahan plastik ataupun serat karbon sehingga pada saat anda menyiramnya dengan menggunakan air panas dapat memudahkan anda untuk menarik ke luar bagian mobil yang penyok tadi. Hal ini sangat sesuai dengan hukum fisika yang anda pelajari ketika di bangku sekolah dulu. (baca juga: Perbedaan Mobil Matic dan Manual)

Video :

3. Menggunakan Es Batu

Selain menerapkan metode memanaskan bodi mobil yang penyok, anda juga dapat memperbaiki mobil anda yang penyok tersebut dengan menggunakan metode lainnya. Cara memperbaiki bodi mobil yang penyok selanjutnya adalah dengan menggunakan es batu, pengering rambut (hair dryer), dan kompresor angin. Ketiga bahan ini dapat mengembalikan bodi mobil anda yang penyok ke bentuknya yang semula. Caranya pun sangat mudah, nah berikut ini langkah-langkah mengembalikan bodi mobil anda yang penyok dengan menggunakan es batu:

Siapkan bahan-bahan yang diperlukan

Anda hanya perlu menempelkan es batu pada bagian mobil anda yang mengalami penyok dan biarkan kurang lebih selama 2 menit.

Tunggu hingga terbentuk butiran butiran berbentuk salju yang keluar dan mengitari bagian mobil anda yang penyok tersebut.

Setelah itu lepaskan es batu tersebut dan gunakan hair dryer hingga bagian mobil anda yang penyok tersebut mulai hilang.

Cara ini dapat anda lakukan bila kondisi bodi mobil anda tersebut tidak terlalu rusak parah.

4. Menggunakan Pops A Dent

Sering kali memperbaiki bodi mobil yang penyok dengan menggunakan cara memanaskan dapat merusak bodi mobil sehingga dapat mengakibatkan karat. Bahkan terkadang dapat mengakibatkan warna cat menjadi memudar. Kali ini anda dapat memperbaikinya dengan cara yang berbeda. Cara memperbaiki bodi mobil yang penyok lainnya dapat menggunakan produk khusus bernama Pops A Dent. Produk ini berbentuk seperti jembatan yang berfungsi mendistribusikan tekanan yang merata pada seluruh “jembatan” untuk menghindari resiko tambahan kerusakan pada bodi mobil anda. Beberapa keunggulan dari menggunakan produk ini antara lain adalah:

Caranya yang sangat mudah, hanya dengan merekatkan dan memutar saja.

Tidak merusak cat pada bodi mobil anda.

Dapat digunakan untuk semua jenis penyok yang terjadi pada kendaraan anda.

Lebih menghemat biaya dibandingkan dengan membawanya ke bengkel.

Bodi mobil dapat kembali lagi seperti semula.

Sponsors Link

 

Untuk hasilnya akan sangat tergantung dari ukuran dan lokasi kerusakan mobil anda tersebut. Untuk yang mengalami bagian penyok yang lebih besar, maka sebaiknya anda mengulangi kembali dengan rotasi searah jarum jam hingga hasilnya sesuai dengan yang anda inginkan. Namun alat ini hanya dapat anda gunakan pada mobil yang masih memiliki cat bodi mobil asli dari pabrik nya. Jika anda menggunakannya pada kendaraan yang sudah terkelupas, maka dapat menyebabkan makin banyak lagi bagian cat yang terkelupas.

Cara menggunakan Pops A Dent:

Pilihlah pad lem yang sesuai dengan ukuran penyok pada mobil anda.

Panaskan glue stick setidaknya 5 menit saja, jangan berlebihan.

Birkan lem mengering paling tidak 3-5 menit. Pastikan lem benar-benar lengket. Jangan biarkan lem tertempel di kendaraan anda lebih dari 8 menit. Bila hasilnya belum sesuai dengan apa yang anda inginkan, anda dapat mengulangi kembali proses nya. (baca juga: Perawatan AC Mobil)

Nah itu tadi beberapa cara memperbaiki bodi mobil yang penyok sendiri di rumah. Cara ini dapat menghemat waktu dan biaya anda daripada harus membawanya ke bengkel. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda.

https://showroommobil.co.id/tips-dan-trick/cara-memperbaiki-body-mobil/

IMG
IMG
IMG