Jelajah
IMG-LOGO

Sariawan Yang Menyebalkan

Create By 26 February 2018 15 Views

 

Belakangan ini beredar berita mengenai obat sariawan yang ternyata berbahaya. Anda mungkin salah satu pengguna obat tersebut yang kini menjadi khawatir karena kehilangan opsi pengobatan. Namun, sebenarnya tanpa obat pun, sariawan bisa tetap disembuhkan.


Sariawan adalah luka kecil di mulut. Meski ukurannya tak seberapa, sering membuat makan dan berbicara tidak nyaman.
Luka di dalam mulut, lidah, langit-langit, atau bagian dalam pipi akan terasa perih. Bahkan, memunculkan sensasi kesemutan atau terbakar.

Mengapa Sariawan Bisa Terjadi?

 

Penyebab sariawan antara lain adalah infeksi virus, stres, fluktuasi hormonal, alergi makanan, dan siklus menstruasi. Makanan tertentu, seperti lemon, jeruk, nanas, apel, tomat, dan stroberi dapat memicu sakit pada sariawan atau membuat masalah menjadi lebih buruk.



Terkadang permukaan gigi yang tajam, kawat gigi atau gigi palsu yang tidak pas, juga bisa memicu sariawan.
Beberapa kasus sariawan kompleks disebabkan oleh kondisi kesehatan yang mendasarinya, seperti gangguan sistem kekebalan tubuh, masalah nutrisi, seperti vitamin B-12, zat besi, dan asam folat, serta masalah sistem kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin tertentu, seperti B-3 (niasin), B-9 (asam folat), atau B-12 (cobalamin), dapat membuat Anda lebih rentan terkena sariawan. Zat besi atau kalsium juga bisa memicu atau memperburuk sariawan.



Mengatasi Sariawan Dengan Yang Alami
1. Garam
Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami, salah satunya garam. Buatlah campuran satu sendok teh garam dalam setengah cangkir air hangat. Gunakan campuran tersebut seperti obat kumur.

2. Yoghurt
Salah satu penyebab sariawan mungkin disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori (H. pylori) atau penyakit radang usus. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi yoghurt.
Studi dari tahun 2007 telah menunjukkan bahwa probiotik seperti lactobacillus dapat membantu memberantas H. pylori dan mengobati beberapa jenis penyakit radang usus.
Secara teori, jika salah satu dari kondisi tersebut menyebabkan sariawan Anda, makan yoghurt yang mengandung probiotik dapat membantu penyembuhan.

3. Madu
Bahan lainnya adalah madu yang dikenal dengan fungsi anti-inflamasinya. Madu efektif mengurangi rasa sakit, ukuran, dan kemerahan sariawan. Namun, tak semua madu memberikan hasil maksimal. Pilihlah madu yang tidak dipasteurisasi dan tanpa filter, seperti madu manuka.

4. Minyak Kelapa
Anda juga bisa memanfaatkan minyak kelapa. Ini akan menyembuhkan sariawan yang disebabkan oleh bakteri dan mencegahnya menyebar. Minyak kelapa juga merupakan anti-inflamasi alami dan dapat membantu mengurangi kemerahan dan nyeri. Seperti madu, penggunaan minyak kelapa juga langsung dioles ke area yang sariawan.

5. Teh
Bagi pencinta teh, bisa memanfaatkan chamomile untuk menyembuhkan luka dan mengurangi rasa sakit. Chamomile mengandung dua senyawa dengan kemampuan anti-inflamasi dan antiseptik, yaitu azulene dan levomenol.
Kantong teh chamomile bisa berfungsi sebagai kompres untuk menenangkan sariawan. Cara penggunaannya, oleskan kantong teh basah ke sariawan dan biarkan selama beberapa menit.
Anda juga bisa membilas mulut dengan teh chamomile yang baru diseduh. Ulangi pengobatan tiga sampai empat kali sehari.

6. Cuka Sari Apel
Selain teh, Anda bisa mencoba khasiat cuka sari apel. Cuka sari apel disebut-sebut sebagai obat untuk hampir segala hal, termasuk sariawan. Diperkirakan bahwa asam dalam cuka membantu membunuh bakteri yang mengganggu kesakitan.
Pengobatan cara ini masih kontroversial, karena bagaimanapun, karena makanan asam dapat menyebabkan atau memperburuk sariawan pada beberapa orang. Gunakan dengan hati-hati.

7. Semangka Beku
Ada pun bahan alami lain dengan rasa lezat adalah semangka beku. Embun semangka dianggap sebagai obat yang efektif untuk sariawan dalam pengobatan tradisional Tiongkok, walaupun tidak ada penelitian ilmiah terkini untuk mendukung klaim ini.

8. Baking Soda
Bila mempunyai baking soda di dapurini juga bisa digunakan untuk mengobati sariawan karena merupakan pengatur pH alami. Saat baking soda berada di sekitar sariawan, akan segera membantu menyeimbangkan pH dan mempercepat penyembuhan seluruh mulut.

9. Lidah Buaya
Beruntung bila Anda punya lidah buaya di rumah, sebab tanaman ini kaya manfaat. Lidah buaya sarat dengan komponen aktif secara biologis seperti vitamin, enzim, asam amino dan polisakarida. Lidah buaya dikenal berkhasiat untuk menenangkan berbagai kondisi kesehatan, terutama bila menyangkut jaringan tubuh.
Dalam mengobati sariawan, lidah buaya dapat mengurangi peradangan, menenangkan iritasi dan mendorong percepatan proses penyembuhan jaringan lunak di dalam mulut.

Dengan adanya berbagai bahan alami yang mudah ditemukan dan praktis dalam penggunaannya, Anda jadi punya alternatif lain untuk mengobati sariawan selain obat

https://www.kaskus.co.id/thread/5a8d4bc4c0cb17113b8b456e/bahan-bahan-alami-berikut-ini-bisa-membantumu-mengobati-sariawan/?ref=htarchive&med=hot_thread

IMG
IMG
IMG