Seni ukir / ukiran merupakan tampilan atau susunan dari gambar hiasan dengan bagian-bagian cekung (kruwikan) serta bagian-bagian cembung (buledan) yang menyusun suatu gambar yang indah.

   Seperti salah satu warga desa Bandongan yang mampu membuat karya seni ukir beliau bernama Mas Irul. Usaha kerajina tangan topeng Mas Irul yang beralamat di Dusun Wonolelo Desa Bandongan Kab. Magelang.

   Usaha kerajinan tangan pembuatan topeng yang dilakoni Mas Irul ini dimulai sejak tahun 2010 sampai sekarang . Adapun macam-macam topeng yang di produksi oleh Mas Irul antara lain jenis topeng Panji,topeng hewan dan kadang beliau mendapat pesanan  yang ingin di buatkan topeng yg berbentuk menyerupai muka orang yg memesannya.

    Topeng yang di produksi Mas Irul yang terbuat dari bahan kayu ini proses pembuatannya bisa dibilang lumayan susah butuh skill dan harus punya jiwa kesenian serta ulet, pasalnya proses pengerjaanya pun butuh memakan waktu 2 sampai 3 hari.

     Alat dan bahan yang digunakan untuk pembuatan topengnya pun cukup sederhana dengan bermodal pahat,gergaji,bor,golok,koas.dan bahannya kayu pule dan cat tembok saja.

    Harga topeng yang dipasarkan Mas Irul dibandrol mulai dari 400-700 ribu, tergantung jenis dan motif topengnya. Untuk pemasarannya melalui aplikasi Instagram dan facebook, Biasanya pembeli datang langsung kerumahnya.

Berikut topeng karya Mas Irul :